Sedapnya Makanan Khas Gunung Kidul

Kabupaten Gunung Kidul memiliki berbagai macam makanan khas yaitu saat ini menjadi incaran para pelancong yang datang ke kabupaten ini. Kabupaten yang dulunya terkenal dengan bencana kekeringannya ini ternyata memiliki kuliner khas yang lezat dan juga nikmat, sebut saja: gatot, tiwul, belalang goreng, sego abang atau nasi merahjirak, dan juga sayur lombok ijo. Kesemuanya merupakan makanan yang sayang jika tidak dinikmati saat berwisata ke tempat ini. Berwisata dengan menggunakan jasa tour Jogja yang bisa anda sesuaikan dengan berbagai paket tour Jogja yang anda gunakan dan anda pilih.

Yang pertama adalah belalang goreng. Makanan merupakan salah satu kuliner ekstrim yang bisa ditemukan di kawasan ini. Awalnya, kuliner ini merupakan lauk alternatif bagi warga lokal yang memanfaatkan banyaknya belalang pohon jati yang hidup di kabupaten ini. Mengolahnya cukup sederhana, belalang yang ditangkap dibersihakan dari kotoran yang melekat ditubuhnya dan kemudian digoreng dengan bumbu sederhana yaitu, bawang putih, tumbar dan juga garam. Cabe bisa ditambahkan jika menginginkan rasa pedas pada belalang goreng tersebut.

Selanjutnya adalah nasi tiwul. Beberapa dekade yang lalu, tiwul merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Gunung Kidul. Melimpahnya singkong membuat warga di kabupaten ini mengembangkan nasi tiwul sebagai pilihan utama di meja makan mereka sebelum digantikan oleh beras putih.  Makanan ini terbuat dari tepung gaplek yaitu singkong yang telah dikeringkan. Kemudian diolah sedemikan ruma hingga menghasilkan makanan yang lezat dan tidak ketinggalan gula jawa serta parutan kelapa untuk menambah cita rasa makanan ini.

Makanan khas yang lain adalah gatot. Makanan ini merupakan makanan ringan bagi warga Gunung Kidul. Terbuat dari tepung gaplek, pembuatan kuliner ini cukup sederhana yaitu gaplek yang sudah kering  kemudian direndam selama 12 jam kemudian dicuci hingga bersih. Gaplek yang sudah bersih dipotong kecil-kecil dan kemudian dikukus selama kurang lebih dua jam. Setelah itu gatot ditaruh di sebuah wadah agar cepat dingin. Agar lebih nikmati makanan ini biasanya disajikan bersama dengan parutan kelapa dan juga garam.

Demikianlah makanan khas dari Gunung Kidul. Masih banyak lagi makanan khas dari daerah ini yang akan dibahas dilain kesempatan. Bagi para wisatawan jangan lupa untuk mencicipi salah satu kuliner tersebut agar bisa merasakan keunikan dan kekhasan dari tempat wisata yang dikunjungi.

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *